Alam di Yang Sangat Baik di Gavi Rewinded

Nama itu terdengar luar biasa tapi pengalamannya sungguh luar biasa. Sesampai di sana itu adalah ekstasi belaka, yang saya ragu bisa diceritakan dengan beberapa kata. Tempat ini di Kerala disebut Gavi adalah hit di kalangan wisatawan, kebanyakan orang asing yang lebih memilih liburan jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan modern. Kami berangkat dari Trivandrum pagi-pagi dengan mobil. Menyimpang dari Adoor, kami menempuh jalur yang menyentuh Pathanamthitta menuju Vandiperyar pada siang hari. Jalan menuju kawasan hutan dari Vandiperiyar melalui kawasan Konnimara dari sini.

Baca juga: tempat wisata alam di bogor

Masalah Mullaperiyar, sebuah pertengkaran antara Kerala dan Tamilnadu berada di garis terdepan saat kami sampai di pos pemeriksaan Vallakadavu sebelum memasuki jalur hutan. Spanduk yang menjerit ‘selamat datang ke tanah kematian’, mengirim angin kencang ke duri kami. Ini terjadi karena isu tersebut memiliki nuansa politik. Syukurlah, entry point tidak diblokir dan kami diberi izin untuk melanjutkan.

Masalah dan pemandangan yang mengganggu memudar menjadi tidak penting karena keindahan hutan yang menakjubkan terbentang di kedua sisi jalan. Kami berhenti di banyak tempat untuk menikmati suasana yang hanya bisa diberikan hutan lebat. Kotoran gajah bisa dilihat di banyak tempat di dekat sungai sepanjang rute. Setelah menempuh perjalanan dua puluh kilometer melalui jalur hutan, kami sampai di rumah hijau, sebuah pondok yang dikelola oleh Kerala Forest Development Corporation. Danau di latar depan itu murni dan mengundang. Karena kami telah memesan paket yang terdiri dari makanan, akomodasi dan tamasya disertai pemandu, tidak ada kerepotan dalam hal ini.

Kami tinggal di tenda di tengah hutan. Tenda yang terbuat dari bahan ramah lingkungan adalah rumah kita selama masa inap. Setelah makan siang yang menyegarkan dan mewah, kami dengan hati-hati melangkah keluar. Padang rumput yang luas di tepi danau terbukti tempat yang ideal untuk beristirahat dan menikmati lingkungan yang tenang. Seperti yang dijanjikan pemandu kami menemu kami jam tiga sore dan membawa kami ke air terjun di sisi lain danau dengan deretan perahu.

Tersembunyi di antara bebatuan dan vegetasi, memang memang merupakan pengalaman yang menyegarkan. Beruntung bagi kami para pengunjung sedikit pada hari ini sebagian besar karena masalah Mullaperiyar. Setelah mandi besar di alam pengaturan kami kembali pondok. Selanjutnya adalah tur trekking ke perbukitan di seberang danau. Pemandangan dari atas sangat menakjubkan seperti yang kita lihat kambing gunung, kerbau liar dan tanduk-tagihan. Penerbangan dari tanduk-bill adalah pemandangan untuk dilihat.

Kami terkejut karena pemandu kami yang menunjuk ke kolom asap mengatakan bahwa itu adalah Sannidayah, tempat tinggal Swamy Ayyappa. Banyak peziarah menempuh perjalanan ke Sabarimala melalui hutan-hutan ini. Cahaya memudar saat matahari mulai turun berapi-api di perbukitan. Ini adalah pemandangan yang indah, pemandangan yang begitu akrab namun begitu berbeda untuk dilihat di berbagai belahan planet bumi. Saya merasa rendah hati dan lega terhadap semua tekanan saat kita menjadi satu dengan alam.

Penampakan harimau tidak umum meski mereka hidup berdampingan dengan spesies lain di alam ini. Panduan kami menceritakan kepada kami pengalamannya tentang penampakan harimau beberapa tahun yang lalu di tempat ini. Kucing besar itu, yang tidak menyadarinya diawasi, terbentang di bawah sinar matahari selama hampir satu jam sebelum berjalan pergi. Saat kami berjalan kembali ke pondok, pemandu kami memberi isyarat untuk menjaga ibu. Di jurang di sisi jalan terdapat ular berbisa. Kami menunggu saat meluncur turun ke semak belukar.

Saat itu sangat gelap saat kami sampai di pondok kami, tapi lampu di sekitar membantu kami menemukan jalan kami. Begitu kembali ke dalam tenda kami disegarkan dan makan malam dari restoran. Tak lama pagar listrik di sekitar tenda hidup kembali mencegah hewan memasuki daerah tersebut. Kami bisa mendengar sejumlah teriakan yang berasal dari kawasan hutan yang berdampingan. Terkadang terompet gajah disertai bunyi patah bambu bisa terdengar. Menghabiskan malam di hutan benar-benar merupakan pengalaman yang menggembirakan, juga saat bulan berada pada posisi terbaiknya.

Keesokan harinya memberikan kegembiraan lebih lanjut saat kami pergi naik jip menuju Pathanamthitta melalui jalan hutan. Ini adalah rute lain, meski berisiko tapi indah yang akan membawa Anda ke Gavi dari Pathanamthitta. Sebuah bus KSRTC terletak di antara Pathanamthitta dan Gavi yang mengelilingi sekitar seratus kilometer.

Baca juga: tempat wisata anak di bogor

Perjalanan ini menawarkan beberapa pemandangan yang menakjubkan dan telah menarik banyak wisatawan. Baru-baru ini sebuah film Malayalam dengan ceritanya tenun seputar perjalanan ini berlari di rumah-rumah yang penuh sesak di Kerala. Ini juga memberi kontribusi pada pembuatan Gavi yang banyak dicari tujuannya. Kami cukup beruntung bisa melihat sekilas antelop gajah laki-laki dan seekor kera ekor singa di atas pohon selama perjalanan.